BISNIS ONLINE – E COMMERCE
Indonesia
merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk terbesar ke empat di dunia.
Keadaan ini diiringi kenyataan bahwa masyarakat Indonesia masih dinilai sangat
konsumtif. Terbukti bahwa saat ini Indonesia menduduki peringkat ke dua sebagai
negara paling konsumtif di dunia setelah Singapura. Hal ini dapat dilihat dari
nilai transaksi kartu kredit yang mencapai 250 triliun pertahunnya. Salah satu
penyebabnya adalah hanya segelintir masyarakat indonesia yang menjadi
pengusaha, yaitu sekitar 0.18 persen dari jumlah penduduk. Keadaan ini merupakan peluang yang sangat
baik bagi masyarakat untuk berwirausaha. Menjadi wirausahawan tentu banyak
kendala dan risikonya, terutama dalam hal pemasaran. Namun sekarang telah
muncul solusi berwirausaha yang memudahkan wirausahawan untuk memasarkan
produknya, yaitu e-commerce atau e-dagang. Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini
tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen
dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat
dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu. E-commerce sebetulnya dapat menjadi
suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi
berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga
e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, infrastruktur
telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce
tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di
Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu,
e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di
Indonesia. Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage,
hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan
online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi
dan pengenalan produk. Berdasarkan
uraian di atas maka penulis tertarik untuk mengambil judul mengenai “Solusi
Masalah Jual Beli Online”. Judul ini menarik untuk dibahas karena
terdapat solusi untuk memecahkan masalah dalam bisnis jual beli online.
Pengertian E-commerce
Perdagangan
elektronik atau e-commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, web, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis. E-commerce
merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak
hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis,
pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www,
e-commerce juga memerlukan teknologi basis data atau pangkalan data
(databases), surel atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non
komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran
untuk e-commerce ini.
Bagaimana
Memulai E-commerce
Transaksi
jual-beli secara online mulai dilirik para pengusaha maupun konsumen. Keunggulan
dari e-commerce bagi pembeli adalah kemudahan dalam hal menemukan produk
yang diinginkan, bisa memesan dari mana saja, kapan saja, dan juga banyaknya
pilihan pembayaran. Bagi pengusaha, e-commerce memungkinkan pengusaha
untuk mendirikan usaha dengan modal minim sekalipun karena pengusaha bisa
memulai usahanya dari rumah. Sebelum
memulai e-commerce, kita harus melakukan riset terlebih dahulu dan melihat
kompetisinya di internet. Misalnya untuk memulai bisnis jilbab, awalnya kita
dapat mencari dulu di google apakah bisnis jilbab online di Indonesia sudah
banyak. Bagaimana permintaan pasar terhadap jilbab. Hal-hal seperti itu
hendaknya telah diriset dulu sebelum memulai membangun website. Setelah melakukan riset dan
memutuskan produk apa yang akan dijual, kita bisa mencari produsen produk
tersebut dan melakukan order pertama. Kita bisa mencoba sistem dropshipping
terlebih dahulu untuk tes market kemudian mencari dropshipper untuk memulai
usaha kita. Dropshipper adalah perusahaan yang menyediakan produk (beberapa
bisa di-custom sendiri) untuk dijual oleh reseller (dalam hal ini kita sebagai
penjual). Dropshipper inilah yang melakukan semua kegiatan, mulai dari
pemrosesan order barang untuk diproduksi, pemaketan, sampai pengiriman barang
ke alamat pembeli. Jadi, kita sebagai reseller tidak perlu repot keluar modal
dan menyediakan stok barang . Kita hanya mentransfer pesanan pembeli kepada
dropshipper. Setelah kita menjalankan sistem
dropshipping, kita harus terus melakukan perbaikan pada website yang telah
dibangun. Setelah usaha mulai berjalan, cobalah jual produk kita sendiri. Kalau
menjual produk orang lain harganya lebih mahal, namun saat menjual produk
sendiri mungkin akan jadi lebih murah sehingga pembeli akan bertambah sehingga
keuntungan akan meningkat.
Saat kita
sudah memulai menjalankan bisnis dengan menjual produk sendiri, kita harus
mulai melakukan promosi di media online. Promosi web yang paling efektif
adalah dengan melakukan SEO (Search Engine Optimization). SEO adalah
serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju
situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin
pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web
pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian
berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang
menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar
untuk mendapatkan pengunjung. Jika
dengan beriklan seakan-akan kita yang mencari pembeli sebaliknya
dengan memanfaatkan fasilitas mesin pencari seperti Google, seakan-akan pembeli
yang mencari kita. Pembeli akan mencari suatu produk di google ketika ia tidak
tahu kemana ia harus membeli suatu produk yang sedang dicarinya. Dengan SEO,
web kita akan menduduki peringkat pertama atau minimal halaman pertama jika
orang mengetik kata kunci produk yang kita jual. Misal orang mencari jilbab dan
dia mengetik keyword jilbab maka orang tersebut ajan menemukan website kita di
halaman pertama mesin pencari tersebut. Selain SEO kita juga dapat memanfaatkan media jejaring
sosial yang sedang marak saat ini seperti melalui facebook,twitter,dan
blackberry messenger untuk meningkatkan pemasaran produk kita. Misalnya melalui
facebook, kita dapat membuat akun baru dan menjaring mitra sebanyak banyaknya.
Selain itu kita juga dapat membuat halaman yang memang disediakan oleh facebook
agar penggunanya dapat memasarkan produk. Menjadi pengusaha e-commerce harus memiliki keberanian untuk
memulai, kreatifitas untuk mengembangkan web, ketepatan memilih media promosi,
dan tak lupa harus memudahkan pembeli dalam hal pembayaran misalnya menggunakan
sistem transfer, e-banking, atau kartu kredit, bahkan cash on delivery atau
bayar di tempat.
Bagaimana
Strategi Dalam E-commerce
Mengapa
sebagian besar orang yang memulai bisnis internet tidak segera mendapatkan
penghasilan seperti yang diharapkan ? Dan bagaimana cara memulai bisnis
internet yang benar, sehingga bisa mendapatkan uang secara mudah ?
Ada beberapa
strategi dalam memulai bisnis internet / bisnis online. Strategi tersebut
antara lain:
1.
Pilihlah produk yang telah memiliki segmen pasar di internet
Langkah pertama di bisnis internet adalah memilih produk.
Dalam bisnis internet untuk tahap awal sebaiknya memilih produk yang telah
memiliki segmen pasar,setelah itu kita berusaha untuk menciptakan pasar.
Kecuali produk kita benar-benar memang menarik dan kita bisa memprediksikan
diterimanya produk tersebut.
2. Miliki situs bisnis sendiri
Memiliki situs sendiri memberikan manfaat yang lebih baik
bagi siapa saja yang ingin serius menekuni bisnis internet. Memiliki situs
sendiri sangat mudah dan tidaklah mahal. Bahkan kita dapat membuatnya secara
gratis. Misalnya melalui blog atau melalui jejaring sosial seperti facebook.
Setelah memiliki situs sendiri, pastikan bahwa situs tersebut memiliki banyak
pengunjung. Untuk menjaring pengunjung kita dapat menggunakan SEO seperti yang
dijelaskan pada bab sebelumnya.
3. Kemauan untuk belajar tentang bisnis
internet.
Salah satu penyebab kegagalan paling sering di bisnis
internet adalah keengganan untuk belajar. Padahal belajar adalah kunci sukses
di bisnis internet. Belajarlah tentang bisnis internet, khusunya tentang
internet marketing. Sebagai contoh, jika kita ingin bisnis jilbab, maka kita
harus belajar bagaimana cara memulai dan mengembangkan bisnis jilbab.
Dapat melalui buku, internet, atau wawancara langsung dengan orang yang
telah berpengalaman di bidang bisnis jilbab.
4. Gunakan semua strategi marketing bisnis internet
Ada banyak strategi dan cara marketing bisnis internet,
antara lain iklan baris, milis, search engine optimization (SEO) , tukar link,
tukar banner, jejaring sosial dan lain sebagainya. Di samping itu, kita juga
dituntut memiliki kejujuran dalam berbisnis. Jika sekali membuat customer
kecewa maka jangan harap mereka akan membeli produk kita kembali. Berilah
penjelasan yang cukup dalam website mengenai produk yang kita pasarkan, jangan
terlalu membesar-besarkan atau berlebihan dalam menjelaskan produk tersebut.
5.
Melakukan strategi dalam promosi online
Ada beberapa strategi ampuh dalam promosi bisnis jual beli
online :
·
Berikan testimonial. Berikan testimonial pada produk yang
pernah kita beli. Mintalah untuk dicantumkan link situs kita pada testimonial tersebut.
·
Isi buku tamu. Carilah situs yang memiliki buku tamu (guest
book). Isilah buku tamu tersebut dengan komentar kita. Jangan lupa untuk
menulis juga link yang menuju situs kita.
·
Tulis pesan kita. Kita perlu mencari media promosi yang
memungkinkan kita bisa meninggalkan pesan. Media ini bisa berupa milis atau
forum. Bergabunglah disana, dan cantumkan link situs kita pada setiap akhir
pesan yang kita tulis.
·
Berilah review. Berilah review pada situs yang kita
kunjungi. Hubungi webmaster dan mintalah ia untuk menampilkan review kita di
halaman webnya, dengan mencantumkan link situs kita.
·
Kirim email ke webmaster. Kirimkan penawaran kerjasama kita
dengan webmaster lainnya. Bentuk kerjasama yang kita tawarkan bisa
bermacam-macam. Misalnya, kita bisa menawarkan pertukaran link, atau kerjasama
promosi lainnya.
Masalah
dalam E-commerce dan cara mengatasinya
Ada
beberapa hambatan yg menjadi kendala kita saat memulai usaha. Hal inilah
yg membuat banyak orang akhirnya gulung tikar dan meninggalkan peluang usaha onlinenya.
Untuk menghindari hal tersebut, kita sebagai wirausahawan harus mengetahui apa
saja masalah yang sering dihadapi dalam bisnis online. cara mengatasinya
seperti dibawah ini:
- Menjaring calon pembeli dalam bisnis jual beli online bukanlah hal yang mudah. Biasanya pembeli tidak dengan mudah percaya dengan produk yang ditawarkan melalui internet.
Solusinya:
- Berikan Produk yang Bernilai. Produk berkualitas yang sarat informasi yang dibutuhkan target market mutlak harus kita miliki. Tanpa produk yang bernilai di mata pengunjung, tentu sulit mendapat kepercayaan mereka. Maka sebelum membuat produk, kita perlu tahu jenis informasi yang dibutuhkan target market kita. Untuk itu perlu melakukan riset pasar.
- Beri bukti kalau produk kita itu berhasil. Cara memberikan bukti bisa dengan menampilkan hasil yang kita dapat. Juga sampaikan kesaksian dari orang-orang yang telah memperoleh manfaat produk kita. Bagi yang baru terjun ke bisnis internet dan memang belum ada testimoni dari konsumen, tentu tak perlu kita cantumkan. Cukup tampilkan hasil yang kita capai selama ini.
- Komunikasi Lancar. Lancarnya proses komunikasi kita dan calon pembeli berperan besar terhadap terbangunnya rasa percaya. Blog bisa menjadi senjata ampuh membangun dan memperlancar komunikasi bisnis kita. Lewat artikel, kita bisa berkomunikasi dengan konsumen dan memperteguh reputasi kita. Dengan berkomentar, blogwalking, trackback, dan lainnya kita bisa memperlancar proses komunikasi dengan konsumen.
- Banyaknya penipuan di dunia maya, membuat kepercayaan konsumen akan peluang usaha online masih kurang. Penipuan yg sering terjadi yaitu uang sudah dibayarkan namun produk tidak dikirimkan, atau kualitas produk tidak sesuai dengan gambar yang ditampilkan.
Solusinya
:
untuk
meyakinkan konsumen, cantumkan alamat lengkap dan contact person yg bisa
dihubungi konsumen baik melalui chatting, telepon atau sms. Selanjutnya, jaga
kualitas produk yg kita tawarkan. Serta lengkapi gambar produk dgn keterangan
pendukung, misalnya saja jenis bahan yg digunakan, harga produk, tipe produk,
ukuran produk, dan lain-lain. Sehingga konsumen benar-benar memperoleh
informasi secara detail. Untuk mengurangi kekhawatiran pembeli akan barangnya
yang tidak dikirimkan setelah melakukan pembayaran maka penjual hendaknya
memberikan nomor resi atau bukti kirim dari perusahaan jasa pengiriman. Selain
itu kita juga dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis kita
dengan cara melayani penjualan secara langsung atau COD (cash on delivery).
Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan rekening bersama.
- Persaingan bisnis online yg sangat tinggi. Kemajuan teknologi, mendukung sebagian besar orang memasarkan produknya melalui internet. Jadi bisa dipastikan persaingannya sangat ketat, lihat saja peluang bisnis toko online, reseller produk, atau affiliate yg sudah dijalankan ribuan orang di berbagai negara.
Solusinya
:
Sebaiknya
tawarkan produk yg memiliki keunikan tersendiri supaya persaingannya tidak
terlalu tinggi. Lalu, dukung dengan kegiatan promosi bisnis online seperti
optimasi SEO, memberikan konten gratis pada konsumen, memasang iklan baris atau
banner di website atau blog terkenal, bergabung dgn forum bisnis online, atau
bisa juga dgn memasarkannya secara offline.. Selain itu, wirausahawan dirasa
perlu untuk membuat nama domain website yang unik supaya mudah diingat oleh
pengunjung dan semakin dikenal banyak orang. Yang juga penting saat membuka
toko online adalah desain layout website. Kita bisa menggunakan jasa desain
website untuk mendapatkan tampilan toko yang menarik. Semakin menarik tampilan
website toko online kita maka akan semakin menarik meningkatkan rasa ingin
tahu pengunjung terhadap produk yang kita tawarkan.
- Kendala koneksi internet. Bagi pelaku bisnis online kota, mungkin koneksi internet bukan menjadi kendala. Namun bagi rekan-rekan yg tinggal di daerah pinggiran, koneksi internet masih sangat terbatas.
Solusinya
:
Kita bisa
memanfaatkan modem internet yg saat ini sudah banyak diproduksi para provider
komunikasi. Pilih modem yg sinyalnya memang bagus di daerah kita, sehingga
koneksi internet juga tidak terhambat. Di era teknologi komunikasi yang semakin
maju ini rasanya tidak terlalu sulit mencari modem atau provider sesuai dengan
kebutuhan kita.
- Terbatasnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yg ikut-ikutan menjalankan bisnis affiliate atau membuka toko online, namun dia tidak mengetahui apa saja yg harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan bisnisnya. Sehingga bisnis online yg dijalankan, hasilnya juga tidak optimal.
Solusinya
:
untuk
menambah pengetahuan, Kita bisa mempelajarinya dari buku bisnis online yg sudah
banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dgn mencari panduan serta mengikuti
kursus online yg saat ini banyak ditawarkan oleh para pakar bisnis online dan
pakar internet marketing.
Setelah
mengetahui solusi dari setiap kendala yg menghambat bisnis online, kita tidak
perlu ragu lagi untuk memulai peluang usaha di dunia maya. Yang terpenting
adalah kuatkan tekad karena setiap kendala pasti ada solusinya.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar